Jombang Tak Dapat Kuota CPNS Kategori Umum

I Madi Gede
By -
0
Anggaran Pegawai Lebihi_50 Persen APBD, Jombang Tak Dapat Kuota CPNS Kategori Umum

Jombang – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memastikan Pemkab Jombang tidak mendapat kuota CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk tahun 2013 ini. Salah satu alasannya adalah anggaran gaji pegawai saat ini sudah mencapai 50 persen di atas APBD.

Ikhsan Gunajati, Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Jombang mengatakan, kekuatan anggaran daerah dengan jumlah 12.300 pegawai belum seimbang. "Selain itu, honorer kategori dua (K2) sekarang jumlahnya jauh lebih besar dari PNS yang pensiun di tahun 2013. Jadi Jombang tidak termasuk dalam kuota sasaran rekruitmen CPNS," kata Ikhsan, Sabtu (20/7/2013).

Ikhsan mengungkapkan, pemerintah pusat memang mengalokasikan rekruitmen CPNS kategori umum secara nasional sebanyak 60 ribu orang pada bulan Juli ini. Hanya saja, Kabupaten Jombang bukan termasuk sebagai salah satu sasaran daerah yang mendapatkan jatah tersebut. Karena di Jatim, menurut Ikhsan hanya ada 12 kabupaten/kota yang mendapat jatah itu.

Selain masalah lemahnya APBD, Jombang juga masih punya beban pegawai honorer K2 yang tersebar di seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKDP). Jumlah honorer tersebut mencapai 1.440 orang. Rata-rata para honorer itu sudah menjalankan tugas sejak Desember 2005, dengan memiliki masa kerja lebih dari 1 tahun.

"Sebagian besar mereka tercatat di Disdik (dinas pendidikan) sekitar 700 orang. Meliputi pegawai kantor, guru dan pegawai tata usaha (TU) sekolah negeri. Paling tidak, awal Oktober 2013 nanti penjaringan honorer K2 sudah bisa dilakukan. Sehingga yang lolos penjaringan merekalah yang akan diangkat sebagai PNS," pungkas mantan camat Jogoroto ini.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*