Daun Pelita Jiwa Anak - anakku

Wilkerdik Kudu
By -
0
Penulis : Kusni, S.Pd
Unit Kerja : SDN Kudubanjar 01
Mata Pelajaran : I P A

Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.

Dalam renungan hatiku yang paling dalam kuingin selalu meraih sebuah cita-cita,Mendidik siswa berprestasi itu tujuanku,Namun apa daya tangan tak sampai cita-citaku kandas bersama serpian hati penuh misteri.
Dua puluh satu tahun lebih kuabdikan diriku untuk menjadi seorang pendidik , Banyak cerita suka dan duka hal yang luar biasa kualami .Dan semua itu, Kuhadapi dengan hati penuh sejuta impian walaupun banyak badai datang menghadang ,Ku langkahkan semangatku maju terus pantang mundur.Kini aku sekarang sudah dua tahun berdinas di Unit Kerja SDN Kudubanjar 01 dan statusku sekarang menjadi guru umum bertugas mengajar kelas IV.
Di saat aku mulai bertugas mengajar di kelas IV,suatu pengalaman mengajarku mulai dapat kurasakan.Banyak cerita yang harus kutuangkan diatas goresan pena ini.Sebuah pengalaman mengajarku yang sangat menghentakkan emosional positip di dalam pikiranku.
Ketika itu aku mengajar mata pelajaran ILMU PENGETAHUAN ALAM ( I P A ) dengan
Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
Kompetensi Dasarnya : Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.
Disaat proses K B M berlangsung,Kujelaskan materi tersebut .Lewat sebuah peraga berbentuk gambar,Materi tersebut kusampaikan dengan hasil tidak memuaskan hatiku .
Ketika itu hanya ada 25 % siswaku yang sudah memahami penjelasanku ,Tetapi ada 75% siswaku yang belum memahami dan belum mengerti tentang penjelasanku.Karena penjelasanku tentang materi tersebut belum dipahami dan banyak siswa yang belum mengerti ,Maka pada waktunya
kelas IV mata pelajaran IPA materi tersebut kujelaskan lagi dengan alat peraga yang sama ,Tapi hasilnyapun sama.
Akhirnya kuadakan tanya jawab namun .....tiba-tiba Okky berkata kulo dereng ngerti bu ?kulo nggeh! jawab Yuyung .Akupun balik bertanya ,” Dibagian mana yang belum kalian mengerti?” Si Reji jawab, Yang bagian bentuknya bu? Si Ayu pun ikut jawab ,nggeh bu! kulo kalau menghafal bagian bentuknya mesti buleti ! dari perkataan siswa-siswa tersebut pikiranku jadi tak menentu.
Akhirnya lonceng pun berbunyi pertanda jam pelajaran udah usai.Sebelum pelajaran kuakhiri ku sampaikan suatu kata muntiara untuk mereka ,secerca kata membawa berkah.
ucapan salampun kulontarkan pada mereka.Dengan melangkahkan kaki keluar dari ruangan kelas IV anganpun melayang menebak secerca jawaban, Sang suryapun menari-nari mengiringi langkahku yang kian mendekati ruang kantorku.
Pada hari Senin, tanggal 25 Oktober 2010 jam pertama kelas IV waktunya ada pelajaran ILMU PENGETAHUAN ALAM ( I P A ),Akupun bergegas melangkahkan kakiku ke ruang kelas IV dengan hati penuh semangat.Setibanya diruang kelas IV kulihat wajah-wajah murung terlintas dimataku. Suasanapun kuhangatkan dengan kuteriakkan suatu kalimat ,Anak-anak hari ini kita belajar di luar ! semangat celotehan si anak-anak pun mulai keluar,BAIK....bu! Nggeh.....bu? Oky........ Horeeee!!! Sambil Bergegas keluar.Karena semua anak-anak sudah keluar semua, Lalu aku membagi anak-anak menjadi 4 kelompok dan memberi lembaran tugas kelompok ( L K S )
Sebelum lembar kerja siswa dikerjakan ,Merekapun ku ajak untuk bernyanyi-nyanyi terlebih dulu, Kemudian kuberi penjelasan terlebih dahulu .Setelah itu masing-masing kelompok mulai melaksanakan tugas dariku dengan pertama kali mereka harus mencari berbagai macam bentuk daun tumbuhan , Dari struktur bentuk daun : Menyirip , Menjari , Melengkung dan Sejajar. Langkah selanjutnya mereka harus berdiskusi untuk mengidentifikasi struktur bentuk daun.
Pengamatan ke siswapun mulai kulakukan pada masing-masing kelompok,Wajah ceria nampak diwajah mereka.Sikap aktif,Sikap kerjasama,Sikap interaksi antar siswapun sudah terbimbing dengan baik .Waktu pelaporan hasil kerja kelompok sudah tiba, Masing-masing kelompok secara bergantian mulai menyampaikan hasilnya ,Akupun membimbing mereka dalam penyampaian hasilnya.
Perasaan senang dalam hatiku telah kurasakan ,ketika itu masing-masing kelompok menyampaikan hasilnya , yang sangat membanggakanku. Hari itu aku merasa bangga menjadi seorang guru.Masing-masing kelompok sudah menyampaikan hasilnya dengan hasil yang baik .Sebelum pelajaran aku akhiri sebuah pesan moral yang secara tidak langsung mengharapkan anak-anak untuk selalu teringat akan pembelajaran struktur bentuk daun . Dengan ucapan salam pelajaran kuakhiri,Kini daun –daun tidak lagi berguguran di musim kemarau nanti dan juga tidak hanya sebagai pembungkus semata namun, Daunpun sebagai Pelita Jiwa Anak-anakku.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*