Tak Selamanya Krikil Itu Tajam

Wilkerdik Kudu
By -
1
Penulis  :  KUSNI, S.Pd
Unit Kerja :  SDN  KUDUBANJAR 01                                                  
Mata Pelajaran :  Matematika

SDN KUDUBANJAR 01 adalah sebuah sekolah yang terletak di pinggiran kecamatan, berjarak kurang dari 20 km dari kota Kabupaten.
Para siswanya berasal dari berbagai lapisan masyarakat yang tingkat perekonomiannya tergolong cukup. Merekapun memiliki semangat belajar yang dibilang cukup lumayan. Berbagai macam prestasipun banyak diukir baik bidang akademik maupun non akademik.

Tak kurang dari dua tahun aku bertugas mengajar di SDN KUDUBANJAR 01, Banyak hal-hal yang menarik perhatianku, terutama prestasi belajar mereka. Salah satunya adalah tentang pelajaran matematika. Hampir setiap ulangan akhir semester nilai matematika rata-ratanya selalu menempati urutan terbawa. Padahal matematika adalah salah satu bidang ilmu yang sangat penting dalam kehidupan umat manusia. Matematika banyak membantu dalam memecahkan persoalan - persoalan sehari-hari misalnya : dalam hal jual beli, bangunan rumah, luas tanah dsb. Ketika aku tanyakan pada anak-anak ” Mengapa nilai ulangan matematika anak - anak kok selalu jelek sih? Tak satupun menjawab. Hanya ada satu anak yang menjawab, Jawabannya itupun kurang memuaskan perasaanku. kata si Rico soalnya sulit bu ? aku balas dengan jawaban oh, gitu... mungkin kalian kurang semangat dalam konsentrasi kepelajaran. suatu pengalaman mengajar saya ketika mengajar matematika di kelas IV tentang faktor dan kelipatan yang dijabarkan menjadi indikator menentukan faktor persekutuan terbesar dari dua bilangan. Pembelajaran saya sampaikan dengan metode diskusi kelompok. Ternyata mereka tidak aktif, diskusi macet bahkan mereka tidak proaktif. Hanya siswa tertentu saja yang aktif mengerjakan lembar kerja, Sedangkan yang lain cenderung diam bahkan ada yang tertidur. 

            Kondisi seperti ini membuat aku berfikir lebih keras. Aku bertanya dalam hati mengapa hari ini anak-anak tidak bersemangat belajar ya? Akhirnya tiba saatnya tiap-tiap kelompok memprosentasikan hasil kerja kelompok mereka. Aku tunjuk mulai dari  kelompok I untuk membacakan hasilnya. Ternyata kelompok I tidak memberikan jawaban yang benar sedangkan kelompok yang lain tak satupun ada yang menanggapi. Begitu seterusnya ketika giliran kelompok yang lain maju hasilnya tetap sama. Diakhir pelajaran aku bertanya kepada anak-anak “ Mengapa hari ini anak-anak tidak semangat belajar ? ” Dengan serempak anak-anak menjawab “ Payah bu habis olah raga “ Sebagian  yang lain  ada yang  menjawab “ Materinya  sulit di pahami bu ! “ Bel berbunyi pertanda jam pelajaran telah usai. Dengan perasaan kecewa aku meninggalkan  ruang kelas IV dan ketika aku berjalan menuju kantor sekolah kuberkata dalam hati “ Matahari enggan bersinar maklumlah cuaca hari ini kurang bersahabat, mungkin mendung masih menutupinya.”

Keesokan harinya pada jam pertama aku masuk ruang kelas IV dan setelah kuucapkan  salam  aku  berkata kepada  anak-anak , ” Anak-anak  hari  ini  waktunya matematika lagi meneruskan pelajaran yang kemarin, bagaimana kalau kita belajar diluar kelas ? ” Dengan serempak mereka menjawab ” nggeh bu....” Bagus tapi syaratnya kalian harus lebih bersemangat bagaimana setuju ? Sebagian dari mereka menjawab ” setuju ” sebagian lagi ada yang menjawab ” Oke...yes.....yes.........”.
Begitulah cara anak-anak meluapkan kegembiraannya. Sesampai di halaman aku berkata “ anak-anak ...cobalah ambil 10 kerikil yang ada disekitarmu, Setelah itu ambil kerikil tersebut dua-dua.” Lalu kutanyakan kepada anak-anak, ” habiskah kerikil tersebut ? ” Dengan serempak anak-anak menjawab “ Habis ! ” Lalu aku tanyakan lagi “ Cobalah sekarang ambil tiga-tiga ” Masih tersisakah kerikil tersebut ? Anak-anak berebut menjawab “ masih.... masih..... bu ! Aku katakan pada anak-anak , ” Bagus ”. Ketika sepuluh kerikil tadi kita ambil dua-dua berarti bilangan 2 adalah faktor dari sepuluh dan ketika kita ambil tiga-tiga masih tersisa satu, Berarti bilangan 3 bukan faktor dari sepuluh .” Paham anak-anak ?? ”Jawab anak-anak ” Paham bu....”! Sekarang lakukan pengambilan dari bilangan 1 sampai dengan 10. Ternyata masing - masing anak sibuk dan asyik  dengan kegiatannya. Kutanyakan kepada anak-anak “ Berapa faktor dari bilangan sepuluh ? ” Anak-anak saling berebut menjawab dan jawabannya benar. Begitu seterusnya, Aku lakukan sampai dengan menemukan faktor persekutuan dari dua bilangan.

Wajah ceria tampak di hati mereka, tak ada lagi beban dan ketakutan pada pelajaran matematika. Bahkan mereka ada yang nylentuk Pertanyaan, “ Besok kalau ada waktunya matematika belajar di luar lagi ya bu ? ” Dengan perasaan senang pelajaran aku akhiri, paling tidak aku sudah bisa berbuat sedikit untuk obat mereka. Ternyata hanya dengan sebuah kerikil bisa membuat mereka senang dengan pelajaran matematika, padahal sebagian besar anak-anak tidak suka dengan pelajaran matematika. Jadi tak selamanya kerikil itu tajam rupanya kali ini kerikil mampu menggugah semangat mereka.
                       

Tags:

Post a Comment

1Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*